Kesan Perkuliahan Manajemen Pemasaran bersama Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc.

Novita Mardhatillah
E-52

Graduate Student of Master Program in Management
School of Business Bogor Agriculture University
(www.mb.ipb.ac.id / www.ipb.ac.id)

Pengajar :

  • Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc. (www.ujansumarwan.blog.mb.ipb.ac.id, www.sumarwan.staff.ipb.ac.id, sumarwan@mb.ipb.ac.id)
  • Dr. Ir. Hartoyo, M.Sc.
  • Dr. Ir. Dodik Nur Rachmat, M.Sc.F.
  • Dr. Kirbandoko, M.S.M.
  • Dr. Ir. Mukhammad Najib, M.M.

Kesan pertama saya pada perkuliahan 6 Maret 2015 adalah bahan perkulihaan diberikan secara sistematis serta menggunakan contoh nyata dari perusahaan yang telah ada sebelumnya. Pada perkuliahaan tersebut dijelaskan bagaimana cara  untuk membuat marketing plan yaitu bahwa setiap perusahaan haruslah mempunyai perencanaan yang strategis, agar apa yang diinginkan oleh perusahaan dapat tercapai dengan baik serta mendapatkan feedback dari konsumen. Perencanaan dalam pembentukan marketing plan dimulai dari hal yang sangat mendasar yaitu apakah visi, misi serta tujuan perusahaan yang mencerminkan terhadap produk yang akan dihasilkan.

 

Dalam melakukan pemasaran, ada hal-hal yang harus diperhatikan. Konsep 4P merupakan dasar dari marketing mix, yaitu : priceplacepromotion, dan product. Dari 4 hal tersebut perusahaan dapat menentukan mulai dari seperti apa produk yang diproduksi, akan di pasarkan dimana, berapa harga yang pas untuk menguntungkan perusahaan tetapi juga tidak membebankan terhadap konsumen serta promosi seperti apa yang akan dilakukan agar konsumen dapat mengenal produk yang ditawarkan oleh perusahaan.Tujuan dari perusahaan tentunya untuk mendapatkan feedback yang bagus dari konsumen atau masyarakat akan produk yang ditawarkan.

 

Agar konsumen atau masyarakat dapat mengenal produk yang ditawarkan oleh perusahaan sebaiknya, perusahaan menentukan secara rinci karakteristik produk serta target marketnya supaya informasi serta produk tersebut tepat sasaran. Analisa yang dilakukan adalah SWOT dari sisi pemasaran harus dibuat untuk menentukan strategi mana yang akan digunakan perusahaan. Berikut beberapa hal penting yang disampaikan untuk menentukan marketing plan yang baik serta banyak poin lainnya yang mendukung agar marketing plan dapat berjalan efektif dan tercapai.

 

Text Book
Ujang Sumarwan (editor). 2015. Pemasaran Strategic: Perspektif Perlilaku Konsumen dan Marketing Plan. IPB Press.
Silahkan download e-book:
2015 01 BUKU Pemasaran Strategik Perspektif Perilaku Konsumen dan Marketing Plan

http://ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id/files/2015/01/2015-01-BUKU-Pemasaran-Strategik-Perspektif-Perilaku-Konsumen.pdf

Buku Pemasaran Strategik

Buku Pemasaran Strategik

Sumarwan Ujang; Agus Djunaedi; Aviliani; H.C Royke; Jusuf Agus Sayono; Rico R Budidarmo; Sofyan Rambe. (Strategic Marketing: Strategy for Corporate Growth and Share Holder Value).-Pemasaran Strategik: Strategi Untuk Pertumbuhan Perusahaan dalam Penciptaan Nilai bagi Pemegang Saham . Published byInti Prima, Februari 2009, ISBN 979-450-451-3 Please dowload link below for book preview:
Silahkan download e-book:
2009 UJANG SUMARWAN PEMASARAN STRATEGIK – STRATEGI UNTUK PERTUMBUHAN PERUSAHAAN

Buku Pemasaran Strategik2

Buku Pemasaran Strategik4

SINOPSIS
Pemasaran strategik menguraikan bagaimana sebuah perusahaan harus memahami konsumen, sehingga dapat menyusun strategi pemasarannya untuk mencapai tujuan-tujuan perusahaan guna meningkatkan kinerja perusahaan dan menciptakan nilai tambah bagi pemegang saham.Pemasaran adalah memahami berbagai kebutuhan para pelanggan dan mengembangkan sebuah proposisi untuk menawarkan nilai yang superior. Melalui penyediaan nilai pelanggan yang lebih tinggi maka manajemen dapat memberikan dan menghasilkan nilai yang lebih tinggi pula kepada para pemegang saham. Nilai suatu merek dagang terbentuk dari kepercayaan para pelanggan terhadap merek dagang perusahaan. Kepercayaan ini membentuk relasi antara merek dan pelanggan yang mendorong preferensi, loyalitas merek, dan keinginan untuk mempertimbangkan produk dan jasa baru yang ditawarkan perusahaan di masa depan dengan merek tersebut. Buku ini juga menguraikan bagaimana langkah-langkah untuk membangun ekuitas merek serta menjelaskan beberapa metode untuk mengukur ekuitas merek.