KONVERSI SISTEM INFORMASI DALAM PERUBAHAN SISTEM LAMA KE SISTEM BARU DALAM SUATU PERUSAHAAN

NOVITA MARDHATILLAH
P056133582.52E

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Terjadi suatu kesalahan besar yang berakibat fatal pada perusahaan ketika akan melakukan konversi dari sistem yang lama dan sistem yang baru. Ini terjadi karena sistem yang dikembangkan tidak atau kurang sesuai dengan keinginan pengguna, karena proses investigasi, analisa design sistem yang dikembangkan kurang tajam. Pengalaman sangat diperlukan serta permasalahan yang terjadi dan keinginan dari user harus dipahami dengan baik oleh pengembang sistem. Adanya perilaku yang cenderung menolak atau sulit menerima setiap perubahan dalam organisasi perusahaan, khususnya yang sistem informasi baru yang memerlukan peningkatan pengetahun dan keterampilan. Adanya kekhawatiran dari karyawan perusahaan apabila sistem informasi baru (komputerisasi) diimplementasikan akan terjadi „lay-off‟ karyawan perusahaan. (pengurangan pegawai) dan tidak dibarengi dengan „business re-engineering process‟, sehingga sistem komputerisasi kurang memberikan dampak effisiensi dan efektivitas yang maksimal bagi perusahaan. Juga belum siapnya sumber daya untuk mengaplikasikan sistem yang baru.
Sistem baru sudah terpasang, namun terdapat kesalahan prosedur dalam pelaksanaanya, sehingga perubahan tidak dapat terjadi. Sehingga keberadaan sistem baru justru mempersulit kinerja yang sudah ada. Perencanaan dan aplikasi sistem Informasi tidak memiliki arah dan tahapan yang baik. Tidak ada komunikasi yang baik diantara vendor sebagai penyedia IT dengan perusahaan sebagai pengguna, sehingga sistem baru yang terbentuk menjadi tidak sesuai dengan kebutuhan pengguna dan Level kematangan perusahaan terhadap TI masih rendah. Perusahaan juga tidak boleh memandang perubahan teknologi hanya sebagai sebuah trend dan hal yang harus dilakukan agar perusahaan tidak ketinggalan zaman. tetapi sebenarnya perusahaan tidak membutuhkan teknologi tersebut. Perencanaan aktivitas implementasi tidak dipersiapkan secara comprehensive dan integrated yang meliputi aktivitas Hardware, software and services acquisition, Software development or modification, End user training, Sistemdocumentation dan Conversion methode : pilot project, paralllel cut-over, phase-in cut over, direct cut over (plunge). Kompleksitas dalam pengkonversian tergantung pada beberapa faktor yaitu Jenis PL, Database, Perangkat H/W, Kendali, Jaringan, prosedur. Untuk mengganti sistem yang lama dengasn sistem yang baru ada empat pendekatan yang dapat dilakukan dan pendekatan tersebut juga memiliki kekurangan dan kelebihan dari masing-masing prosesnya.
1.2 Perumusan Masalah
Bagaimana proses konversi sistem informasi data lama ke data baru disebuah perusahaan dan bagaimana menghindari kegagalan dalam pengalihan sistem tersebut?
1.3 Tujuan Penulisan
Mengetahui bagaimana proses konversi sistem informasi data lama ke data baru disebuah perusahaan dan mengetahui bagaimana cara menghindari kegagalan dalam pengalihan sistem tersebut?

sim (KONVERSI SISTEM INFORMASI DALAM PERUBAHAN SISTEM LAMA KE SISTEM BARU DALAM SUATU PERUSAHAAN)