KEBERHASILAN dan KEGAGALAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

NOVITA MARDHATILLAH
P056133582.52E

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Perkembangan di bidang teknologi informasi (komputer dan telekomunikasi) sedemikian pesatnya. Bila digambarkan secara grafis, kemajuan yang terjadi terlihat secara eksponensial. Tidak ada yang dapat menahan lajunya perkembangan teknologi informasi, keberadaannya telah menghilangkan garis-garis batas antar negara dalam hal aliran informasi, tidak ada negara yang dapat mencegah mengalirnya informasi dari atau ke luar negara lain, karena batasan antara negara tidak dikenal dalam dunia maya.
Saat ini hampir semua perusahaan melakukan investasi / implementasi IT, untuk menunjang bisnis mereka. Tidak sedikit perusahaan yang melakukan implementasi hanya sebatas mengikuti tren tanpa memahami apa tujuan dari implementasi IT tersebut sehingga menyebabkan kegagalan dalam implementasinya. Kendala yang muncul dalam sistem informasi tersebut adalah terlalu banyak informasi yang tidak bermanfaat atau justru sistem yang terlalu banyak data. Memahami konsep dasar informasi sangatlah penting atau vital dalam mendesain sebuah sistem informasi yang efektif. Menyiapkan langkah atau metode dalam menyediakan informasi yang berkualitas adalah tujuan dalam mendesain sistem baru. Sebuah perusahaan mengadakan transaksi-transaksi yang harus diolah agar bisa menjalankan kegiatannya sehari-hari.
Sistem Informasi Manajemen (SIM) perusahaan merupakan pengeluaran modal yang besar dan harus dievaluasi dengan cara yang sama seperti investasi besar lain yang akan dilakukan oleh perusahaan lain. Yang memperumit investasi itu adalah karena investasi tersebut memerlukan lebih dari sekedar pengeluaran uang yang besar. Manajemen seluruh organisasi harus berkomitmen untuk melaksanakan proses bisnis yang memungkinkan tiap proses bisnis lain di dalam organisasi melihat dan memahami transaksi tersebut.
Banyak nilai positif dan negatif yang muncul dalam Sistem Informasi Manajemen. Salah satu nilai positifnya adalah membantu pekerjaan atau aktivitas perusahaan jika sesuai dengan prosedur Sistem Informasi Manajemen (SIM). Namun, terdapat pula nilai negatif dari Sistem Informasi Manajemen (SIM) diantaranya adalah finansial. Penggunaan Sistem Informasi Manajemen bukanlah hal yang mudah karena investasi yang dilakukan perusahaan menggunakan nilai investasi ratusan juta rupiah atau bisa jadi milyar rupiah. Oleh karena itu, diperlukan telaah dalam memahami faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan dan kegagalan Sistem Informasi Manajemen (SIM) dalam suatu perusahaan. Agar membantu perusahaan dalam bisnis proses dengan perangkat Teknologi Informasi (TI) yang saling menunjang.
1.2 Perumusan Masalah
Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keberhasilan dan kegagalan dalam implementasi sistem informasi suatu perusahaan?
1.3 Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan makalah ini mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan dan kegagalan dalam implementasi sistem informasi suatu perusahaan.

sim (KEBERHASILAN dan KEGAGALAN)